--> Skip to main content
×

Khasiat Jeruk Limau kasturi Atau Jeruk Sonkit Bagi Kesehatan Manusia

Buah jeruk adalah salah satu jenis buah yang mempunyai banyak macam, jenis, bentuk, ukuran dan rasa.
Semua jenis jeruk memiliki kandungan nutrisi vitamin C yang tinggi dan kandungan lainnya yang berguna bagi kesehatan tubuh anda.

Jeruk limau kasturi atau juga disebut dengan jeruk sonkit merupakan sejenis jeruk yang pada umumnya buat tambahan pada untuk membumbui masakan atau sambal.
Bentuk jeruk sonkit memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan jeruk purut, berwarna hijau dan memiliki aroma wangi yang khas jeruk sambal.
Selain buat bumbu, jeruk sonkit atau buah limau kasturi mengandung khasiat untuk kesehatan tubuh.

Didalam artikel kali ini Tips Sehat Alami akan membahas mengenai beberapa khasiat Jeruk Limau Kasturi Atau Jeruk Sonkit Bagi kesehatan Manusia, sebagai berikut :
  1. Menghilangkan rasa lelah
    Jeruk limau kasturi atau jeruk sonkit bisa dibuat minuman hangat yang sangat baik untuk dikonsumsi pada saat lelah setelah beraktivitas maupun tidak beraktivitas.
    Jeruk limau kasturi atau jeruk sonkit bisa diperas dan ditambahkan madu untuk mengurangi rasa asam, lalu ditambahkan air panas atau hangat. Meminum jeruk sonkit bisa menambah energi sehingga lelah yang dialami berkurang dan lebih fress.

  2. Meredakan batuk dan sakit tenggorokan
    Sama dengan khasiat minum air lemon hangat, minum air jeruk sonkit hangat juga dapat membantu mengurangi tenggorokan gatal karena mengalami batuk dan lainnya.
    Supaya mendapatkan khasiat ini sebagian orang ada yang mecampurkannya dengan lada hitam, dengan kecap, bahkan ada yang mencampurkannya dengan madu.

  3. Menambah daya tahan tubuh

    Kondisi tubuh yang lemah akan membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit, mudah lelah, lemas dan tidak berenergi dan letih.
    Beberapa khasiat jeruk sonkit untuk kesehatan jika diminum secara rutin bisa menambah daya tahan tubuh, tidak mudah mengalami sakit dan terjaga kebugarannya.

  4. Menyembuhkan demam dan panas
    Diantara khasiat jeruk kasturi atau sonkit lainnya adalah dapat mengurangi demam dan panas.
    Kegunaaan lain jeruk sonkit adalah air perasannya untuk diminum, bisa direbus setelah dipotong kecil-kecil.
    Rebusan air jeruk sonkit bisa dipakai untuk mengompres dahi, dengan menggunakan bantuan handuk yang lembut dan bersih.

  5. Mengobati sakit kepala dan pusing

    Pusing kepala atau sakit kepala muncul bisa disebabkan karena daya tahan tubuh yang lemah dan tubuh yang kurang ternutrisi.

    Mengkonsumsi minuman jeruk sonkit hangat mampu memberikan daya tahan tubuh, dan juga bisa memberikan nutrisi bagi tubuh karena memiliki banyak kandungan mineral, nutrisi dan vitamin lain yang baik untuk kesehatan.

  6. Mencegah penyakit kanker
    Jeruk limau kasturi atau jeruk sonkit juga berkhasiat untuk membantu pencegahan kanker, sebab mempunyai kandungan senyawa antioksidan yang tergolong tinggi.
    Sama dengan khasiat air rebusan daun sirsak, khasiat dari rebusan jeruk sonkit bisa membantu melawan sel kanker dengan menghambat penyebarannya di dalam tubuh manusia.

  7. Membantu pengobatan hipertensi
    Jeruk sonkit mempunyai nutrisi yang mampu membantu menstabilkan tekanan darah dan sangat baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi.
    Selain itu, khasiat jeruk sonkit juga bisa menjaga kesehatan organ jantung dan mencegah terjadinya berbagai penyakit seperti stroke dan lainnya.

  8. Melancarkan sistem pencernaan
    Sama halnya khasiat minum lemon madu, minum jeruk sonkit dengan atau tanpa madu dapat membantu sistem pencernaan menjadi lancar.
    Khasiat lainnya bisa mencegah munculnya gangguan pencernaan, sebab mampu melawan bakteri jahat dalam usus dan memperbaiki saluran pencernaan anda.
Sekian ulasan mengenai khasiat jeruk sonkit bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat, silahkan dishare bila dianggap perlu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar